Etiket : Pengertian, Dasar dan Manfaatnya
Etiket : Pengertian, Dasar dan Manfaatnya - Secara etimologi kata Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu "Ethos", yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, "Mos" dan dalam bentuk jamaknya "Mores", yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghinadari hal-hal tindakan yang buruk. Sedangkan etiket berasal dari bahasa Perancis Etiquette yang berarti aturan sopan santun dan tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Biasanya orang yang mengerti dan menghayati etikat akan lebih barhasil dalam pergaulan dan pekerjaan. Etiket mengajarkan kita untuk memelihara hubungan baik, bahkan memikirkan kepentingan dan keinginan orang lain.
A. Pengertian Etiket
Seringkali Etiket dan Etika disamakan artinya, padahal perbedaan antara keduanya sangat mendasar. Dari kata asalnya saja berdeda, yakni Ethics dan Ethiquetle. Etika berarti moral sedangkan etiket berarti sopan santun. Namun meskipun berbeda, ada persamaan antara keduanya, yaiut: keduanya menyangkut perilaku manusia. Etika dan etiket mengatur perilaku norematif, artinya memberi norma bagi perilaku manusia dan dengan demikian menyatakan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.
B. Dasar-Dasar Etiket
1. Politeness, yaitu sikap sopan yang harus diperlihatkan kepada pihak lain dalam suatu komunikasi antara lain : Perlu diatur kata-kata yang akan diucapkan, Penyampaian kata-kata lemah lembut, Tidak menggunakan kata-kata yang meremehkan orang lain, Jahuilah menggunakan kata "kamu", tetaoi gunakan kata "anda/Bapak/Ibu".
2. Respectful, yaitu sikap menghormati dan menghargai pihak lain (pengguna jasa) secara baik dan wajar. Menghargai pendapat dan usul pengguna jasa, Mematuhi perintah atasan dan tidak suka membantah, Seorang atasan hendaknya juga mau mendengar pendapat bawahan.
3. Attentive, yaitu sikap penuh perhatian yang diperlihatkan kepada pihak lain dan diberikan secara baik dan wajar. Mendengar dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan pengguna jasa.
4. Cooperatif, yaitu sikap suka menolong pihak lain yang memang membutuhkan pertolongan, sementara kita sebenarnya sanggup dan mampu memberikan pertolongan. Membantu pengguna jasa dalam kesulitan mengisi formulir.
5. Tolerance, yaitu sikap tenggang rasa terhadap orang lain agar dapat diterima dan disukai dimana saja kita berada.
6. Informality, yaitu sikap ramah yang kita perlihatkan kepada pihak lain, bukan sikap formal atau resmi, melainkan familiar, akrab dan bersahabat.
7. Self Control, yaitu sikap menguasai diri dan mengendalikan emosi dalam setiap situasi. Kita selalu berusaha tidak menyinggung perasaan atau pikiran orang lain.
C. Manfaat Etiket
1. Communicative, adalah memudahkan berhubungan baik dengan setiap orang dan pandai membaca situasi.
2. Attractive, adalah mampu mencari bahan pembicaraan tanpa melukai perasaan pihak lain dengan diimbangi sense of humor yang tinggu.
3. Respectable, adalah lebih dahulu kita menghargai orang lain dan jangan untuk menuntut untuk dihargai orang lain terlebih dahulu.
4. Self Confidance, adalah untuk memupukkepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi.
Etiket : Pengertian, Dasar dan Manfaatnya |
A. Pengertian Etiket
Seringkali Etiket dan Etika disamakan artinya, padahal perbedaan antara keduanya sangat mendasar. Dari kata asalnya saja berdeda, yakni Ethics dan Ethiquetle. Etika berarti moral sedangkan etiket berarti sopan santun. Namun meskipun berbeda, ada persamaan antara keduanya, yaiut: keduanya menyangkut perilaku manusia. Etika dan etiket mengatur perilaku norematif, artinya memberi norma bagi perilaku manusia dan dengan demikian menyatakan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.
B. Dasar-Dasar Etiket
1. Politeness, yaitu sikap sopan yang harus diperlihatkan kepada pihak lain dalam suatu komunikasi antara lain : Perlu diatur kata-kata yang akan diucapkan, Penyampaian kata-kata lemah lembut, Tidak menggunakan kata-kata yang meremehkan orang lain, Jahuilah menggunakan kata "kamu", tetaoi gunakan kata "anda/Bapak/Ibu".
2. Respectful, yaitu sikap menghormati dan menghargai pihak lain (pengguna jasa) secara baik dan wajar. Menghargai pendapat dan usul pengguna jasa, Mematuhi perintah atasan dan tidak suka membantah, Seorang atasan hendaknya juga mau mendengar pendapat bawahan.
3. Attentive, yaitu sikap penuh perhatian yang diperlihatkan kepada pihak lain dan diberikan secara baik dan wajar. Mendengar dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan pengguna jasa.
4. Cooperatif, yaitu sikap suka menolong pihak lain yang memang membutuhkan pertolongan, sementara kita sebenarnya sanggup dan mampu memberikan pertolongan. Membantu pengguna jasa dalam kesulitan mengisi formulir.
5. Tolerance, yaitu sikap tenggang rasa terhadap orang lain agar dapat diterima dan disukai dimana saja kita berada.
6. Informality, yaitu sikap ramah yang kita perlihatkan kepada pihak lain, bukan sikap formal atau resmi, melainkan familiar, akrab dan bersahabat.
7. Self Control, yaitu sikap menguasai diri dan mengendalikan emosi dalam setiap situasi. Kita selalu berusaha tidak menyinggung perasaan atau pikiran orang lain.
C. Manfaat Etiket
1. Communicative, adalah memudahkan berhubungan baik dengan setiap orang dan pandai membaca situasi.
2. Attractive, adalah mampu mencari bahan pembicaraan tanpa melukai perasaan pihak lain dengan diimbangi sense of humor yang tinggu.
3. Respectable, adalah lebih dahulu kita menghargai orang lain dan jangan untuk menuntut untuk dihargai orang lain terlebih dahulu.
4. Self Confidance, adalah untuk memupukkepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi.
Posting Komentar untuk "Etiket : Pengertian, Dasar dan Manfaatnya"